News Update :

PEMKO BANGUN 65 UNIT RLH

Monday, March 23, 2015

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) tahun 2015 ini kembali menyiapkan anggaran untuk pembangunan sebanyak 65 unit rumah layak huni (RLH) tipe 36 bagi warga miskin di Kota Dumai. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2014 lalu sebanyak 100 unit.
“Tahun lalu kami sudah merealisasikan 100 unit rumah layak huni dan direncanakan tahun ini pembangunan RLH kembali dilanjutkan sebanyak 65 unit,” jelas Kadis PU Dumai,Joni Amdani ST kepada Dumai Pos akhir pekan kemarin.
Menurut dia, menurunnya jumlah pembangunan rumah untuk warga miskin tersebut dikarenakan anggaran kota Dumai mengalami penurunan, sehingga pihaknya melakukan penyesuaian.
“ Untuk pembangunan rumah layak huni ini akan direalisasikan secara proporsional di segenap kelurahan, akan tetapi karena anggaran dan jumlah terbatas realisasi RLH dibagi-bagi secara bergiliran, di tahun 2015 ini terdapat 11 kelurahan di 7 Kecamatan Dumai yang diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan RLH,” katanya.
Joni menjelaskan bantuan rumah gratis untuk masyarakat ini, dilakukan melalui survei lapangan dan harus ada rekomendasi dari lurah setempat dimana warga calon penerima berdomisili, agar peruntukannya tidak salah sasaran. “Namun, dengan syarat warga ini memiliki tanah sehingga rumah tersebut dibangun di atas tanah mereka sendiri,” jelasnya.
Dikatakan Joni selain 65 unit RLH yang dianggarkan melalui APBD Kota Dumai, akan ada juga bantuan RLH dari APBD Provinsi Riau. “Namun saya belum mengetahui pasti berapa jumlahnya,” ujarnya
Mengenai pendataan,  Joni menjelaskan data warga miskin didapatkan dari data masyarakat miskin kota Dumai selanjutnya, dilakukan seleksi dan tinjauan lapangan dengan melibatkan pihak kelurahan dan Ketua RT.  “Meskipun anggaran APBD mengalami penurunan namun agenda pro rakyat tetap diprioritaskan, mudah-mudahan dengan adanya bantuan RLH ini, dapat meningkatkan taraf hidup layak bagi  masyarakat Dumai yang kurang mampu,” harapnya.(men)
Share this Article on :

0 comments :

Post a Comment

 

© Copyright Rakyat Dumai 2012 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Modified by Blogger Tutorials .